Selasa, 29 Maret 2011

[Review Buku] Fakta & Data Yahudi di Indonesia Dulu dan Kini


Buku yang sekarang akan saya review berjudul “Fakta & Data Yahudi di Indonesia Dulu dan Kini” karya Ridwan Saidi dan Rizki Ridyasmara. Buku keluaran tahun 2006 ini mengungkap fakta dan data Yahudi di Indonesia dari zaman Hindia Belanda sampai era modern sekarang ini. Ya, memang sedikit banyak menuai kontroversi. Ketika saya mencoba mencari informasi tentang buku ini di Google, yang saya dapatkan adalah berita tentang pengaduan salah satu musisi papan atas ke pihak kepolisian terhadap penulis buku ini. (http://wartabaru.com/penulis-buku-fakta-dan-data-yahudi-di-indonesia-dilaporkan-polisi/). Lepas dari segala kontroversi yang ada, saya menilai buku ini cukup informatif.

Ketika pertama kali membacanya, saat saya masih sebagai anak SMA yang sangat haus akan informasi, dengan membaca buku ini setidaknya membuat saya lebih berhati-hati. Mungkin sebagian orang yang membacanya akan sering berujar, “Ohhh,,, begitu.”

Mengutip penggalan kalimat dalam bab Pengantar Penerbit, KHALIFA:

“Dan di Indonesia adalah salah satunya. Di bumi pertiwi ini rupaya mereka sudah cukup lama ‘bermain’. Hanya saja banyak yang tidak sadar, atau pura-pura tidak sadar. Buku yang ada di hadapan Anda ini sebenarnya sudah terbit di awal tahun 90-an. Secara khusus, buku ini ingin membuka mata Anda –mata kita semua- bahwa negeri tercinta ini pun tak luput dari permainan licik Yahudi. Kini, kami kembali menghadirkannya untuk Anda dengan berbagai revisi dan tambahan. Termasuk ulasan tentang adanya keterkaitan Yahudi –setidak-tidaknya secara simbolik- dengan salah satu grup band papan atas Tanah air yang banyak digandrungi; D***.”

Fakta-fakta yang dihadirkan dalam buku ini cukup mencengangkan. Bahkan ada beberapa tokoh yang disebutkan terlibat dengan gerakan Yahudi di Indonesia, yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Penjelasan demi penjelasan membuat mata ini semakin terbuka lebar. Data-datanya pun lengkap, jadi tidak sekedar uraian, alias ada bukti otentik yang juga disebutkan dalam buku ini.

Finally, percaya atau tidak itu tergantung pribadi masing-masing. Tapi sekali lagi, secara pribadi buku ini ‘membimbing’ saya untuk selalu berhati-hati dan sadar bahwa masih banyak pe-er dakwah yang terbengkalai.

Selamat membaca :)

Data Buku:
Judul                                 : Fakta & Data Yahudi di Indonesia Dulu dan Kini
Halaman & Tebal              : xvi + 232 hlm.: 17,5 cm.
Penulis                              : H. Ridwan Saidi dan Rizki Ridyasmara
Penerbit                            : KHALIFA (Pustaka AL-KAUTSAR Grup),
Cetakan                            : Pertama, Februari 2006






2 komentar:

  1. ane udah pernah baca nih buku, awalnya ane bingung banget ada sebagian yang ane kaga mudeng.
    tapi seiring berjalannya waktu (haaallllahh..) ane mulai banyak tahu dan sedikit paham tentang Freemason atau Zionist dan yang paling penting perbedaan Zionist itu sendiri dengan Yahudi..
    wew..panjang kalo ane turutin nechh..curhat di rumah sendiri aja aachhh
    #clinggg

    BalasHapus
  2. yup,,, ane dah pernah nonton videonya. Hmm,,, ternyata kita lebih banyak dikibulin sama 'dunia' ini.

    BalasHapus

Don't be shy, write your mind! ^_^