Rabu, 21 September 2011

Darwis Tere-Liye

Bismillahirrahmaanirrahiim...

Tulisan ini adalah tulisan dari seorang 'fans' terhadap penulisnya. 

Mbak Riski, Bang Darwis, dan Pasai ^^

Darwis Tere-Liye, nama yang saya kenal saat membaca novel "Hafalan Shalat Delisa". Dita (kembaran saya) yang pertama kali merekomendasikannya. Saya terkejut... Saya terpesona... Untuk kali pertama bagi saya menangis karena membaca novel tentang anak-anak. Bagi saya -kalau pun boleh membandingkan- novel "Hafalan Shalat Delisa" jauh lebih menarik daripada novel "Laskar Pelangi".

Keterpesonaan saya pun berlanjut pada karya-karya yang lainnya. "Senja Bersama Rosie", "Rembulan Tenggelam di WajahMu", "Bidadari-Bidadari Surga", "Serial Anak-anak Mamak: Burlian, Pukat, Eliana, Amelia (baru akan terbit)", dan "Ayahku (bukan) Pembohong" merupakan novel karya Darwis Tere-Liye yang saya favoritkan. Dan luarbiasanya, kesemua bercerita tentang anak-anak. Subhanallah.

Setelah sekian lama selalu membaca dan menanti karya-karya Darwis Tere-Liye, saya menyadari ada satu hal yang menjadi ciri khasnya dalam menulis, yaitu: pesan moral. Ketika saya membaca novelnya, saya selalu menunggu-nunggu (baca: menebak) kira-kira pesan moral apa yang akan penulis sampaikan dalam novelnya kali ini. Inilah yang membedakan Darwis Tere-Liye dengan penulis yang lainnya (tentu saja ini bagi saya pribadi ^_^).

Kalau bisa dibilang sebagai fans, saya mungkin termasuk kategori 'fans berat' alias pembaca setia karya-karya beliau. Bagi saya, karya-karyanya tidak sekedar bacaan yang menarik, unik, tidak biasa. Lebih dari itu, karyanya mampu 'menuntun' orang untuk bertindak lebih manusiawi, berpikir lebih mendalam, dan berprilaku lebih lurus. Hampir semua karyanya yang pernah saya baca selalu mengena di hati, bahkan sampai sekarang. Begitu menyentuh.

Meskipun pernah juga saya merasa kecewa terhadap salah satu note-nya di FB akan 'suatu' hal, tapi entah mengapa saya tidak pernah mau berhenti membaca karyanya. Darwis Tere-Liye adalah penulis yang karyanya selalu saya tunggu dan untuk akhir tahun ini saya sangat menantikan novel Amelia dan juga Borno. Meski Borno adalah cerbung yang sudah pernah saya baca, tapi rasanya tak lengkap bila tidak membelinya. Apalagi ada kemungkinan endingnya berubah. ^_^

Bagi sahabat yang penasaran dengan buku-bukunya, kunjungi saja link ini: http://tbodelisa.blogspot.com/
Dan berikut ini adalah beberapa karyanya.







H a p p y   R e a d i n g !

9 komentar:

  1. Wah, penggemar karya bang Tere juga yaa..
    Salam kenal :)

    BalasHapus
  2. wah, saya juga penggemar bang Tere... salam kenal ;D

    BalasHapus
  3. Sy jg fans karya2 bang tere nch,salam kenal tuk smuax.
    Q suka bc karya2 bang tere cz crtx ap adx tanpa embel mcm2,aplg crtx bxk menyangkt masalah ank2,cz q sk dgn ank2.scr g sadar jg ad crt dlm novel2 beliau yg pernah q alami d masa kanak2 dl,jd dgn membc karya2 bang tere i2 scr g sengaja bernostalgia ms kanak2 dch hee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, salam kenal juga ...? Siapa ya namanya? Hehe,,,
      Thanks ya udah komen. :D

      Hapus
  4. saya juga penggemarnyabanget :)

    BalasHapus
  5. Semua fans Bang Darwis ngumpul di sini yuk :)

    Salam kenal ya Qhaisar Rain ^^

    BalasHapus
  6. AKU JUGA LHOOOO :)

    BalasHapus
  7. kak aku butuh sinopsis novel amelia,kakak tolong bantu aku ya..

    BalasHapus

Don't be shy, write your mind! ^_^