Jumat, 25 Maret 2011

[Review Buku] Bidadari-Bidadari Surga

"Laisa bukan gambaran wanita "ideal" di layar kaca yang "bening, licin, dan wangi". Namun padanya setiap perempuan bisa berkaca soal keteguha hati, kemandirian, cinta, dan keikhlasan. Begitu nyata dan sangat membumi." -Jamil Zirlyfera, Pemimpin Redaksi ANNIDA

Berkisah tentang pengorbanan seorang Kak Laisa untuk adik-adiknya, Dalimunte, Wibisana, Ikanuri, dan Yashinta. Perjuangannya untuk tetap berdiri tegak sebagai seorang anak sulung. Gadis kampung dengan keteguhan dan ketulusan hati mendalam, gadis kampung yang tak pernah lulus SD, namun memiliki perkebunan strawberry yang maju, Gadis kampung yang walau sampai akhir hayatnya tidak pernah merasakan "pernikahan", namun sejatinya ia adalah bidadari surga.

Tidak mungkin tidak menangis. Ahh,,, bagaimana tidak! Kepiawaian Bang Tere dalam mendeskripsikan tokoh Kak Laisa, begitu menyentuh, begitu nyata, namun tetap sesuai logika. Tidak berlebih-lebih, semuanya pas, semuanya...

Begitu juga dengan sosok-sosok adik dari Kak Laisa. Betapa pun mereka dengan karakter yang sangat berbeda, semua sangat menginspirasi. Dihiasi dilema adik-adiknya yang berat hati 'melangkahi' sang Kakak untuk menikah, semuanya memberi pelajaran berarti. Pelajaran kasih sayang, pengorbanan, ketulusan, dan kerja keras yang selalu ditanamkan Kak Laisa kepada adik-adiknya, semuanya begitu berharga. Tak salah jika saya harus memberi bintang 5 dari 5 bintang kepada novel ini.

Epilog Novel Bidadari-Bidadari Surga

Dengarkanlah kabar bahagia ini.
Wahai, wanita yang hingga usia tiga puluh, empat puluh, atau lebih dari itu, tapi belum juga menikah (mungkin karena keterbatasan fisik, kesempatan, atau tidak pernah 'terpilih' di dunia yang amat keterlaluan mencintai materi dan tampilan wajah). Yakinlah, wanita-wanita shalehah yang sendiri, namun tetap mengisi hidupnya dengan indah, berbagi, berbuat baik, dan bersyukur. Kelak di hari akhir, sungguh akan menjadi bidadari-bidadari surga. Dan kabar baik itu pastilah benar, bidadari surga parasnya cantik luarbiasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Don't be shy, write your mind! ^_^