Kamis, 14 Juni 2012

RAEF, Penyanyi Muslim Asal Amerika

Bislmillah...

Assalamu'alaikum semuanya. Khaifa haluk? ^_^
Udah lama kayaknya gak posting tentang sesuatu yang Islami. Hehe,,, *GetokSiRain.


Yosshh, kali ini ane akan kupas habis tentang seorang penyanyi muslim asal Amerika yang baru-baru ini ane 'kenal' via Youtube. Awalnya tahu penyanyi ini saat googling cari data dan akhirnya gak sengaja liat link videonya si Raef ini. Video pertama yang ane temukan berjudul "It's Jumuah". Check the video below!



Subhanallah, mantapkan suara dan lagunya! Hoho... ^_^
Well, Raef ini dikenal karena sering meng-cover lagu-lagu populer yang diganti liriknya menjadi lebih Islami lalu dinyanyikan kembali dalam versi akustik. Selain lagu "It's Jumuah", ada lagu populer lain yang gak kalah keren setelah di-cover. Such as, "With You", "I'm Yours", dan "Man In The Mirror".

Untuk profilnya, belum ada yang ngebahas lengkap (atau ane yang belum nemu?). So, hanya sedikit biografi yang ane dapat dari fanspage Facebooknya. Check this out!

Biography:
Born in Washington D.C. and raised in Maryland, Raef is a singer-songwriter, educator, and musician. He has performed across the United States and is known for his unique lyricism and acoustic sound. Blending American folk-rock musicality with Eastern melodic patterns, Raef’s music moves seamlessly between commercially accessible rock tunes, and introspective folk songs.

Over the years Raef has shared his music with faith-based communities across the world. With the heart of a teacher, the sensitivity of a poet, the perspective of a traveler, and the spirit of a rock 'n roller, Raef’s music expands the narrow category of “religious songs” (nasheed) with songs that transcend one-dimensional spiritual themes— reflecting instead on the greater human search for inspiration and purpose.

Raef believes that true, pure, and sincere music can go beyond the realm of “entertainment” and should open new doors of wonder and inspiration. Positive faith-based music should deepen spiritual insight and most importantly, provide the soundtrack for the human journey towards the Divine. (Silakan artikan sendiri, hehehe... peace! ^_^)


Oia, Raef ini sekarang berada di bawah naungan Awakening Record, label rekaman yang sama dengan Maher Zein, Irfan Makki, dan yang lainnya. So, gak heran kalau jenis musiknya pun gak jauh berbeda dengan mereka. Bagi yang ingin melihat video-video dari penyanyi asal Amerika Serikat ini, silakan kunjungi Youtube channel awakeningrecords.

Setelah beberapa kali googling ke sana ke mari, akhirnya ane menemukan sebuah interview yang dilakukan oleh BlessedIslam.com kepada Raef yang entah kapan waktunya coz gak ada tanggal wawancaranya, hiks... T_T. Intinya, bisa jadi ini wawancara udah jadul atau malah masih baru. Who knows? Tapi setidaknya, bisa memberikan sedikit gambaran tentang sosok Raef itu sendiri. Pastinya nih wawancara pake bahasa Inggris, tapi karena Rain itu orangnya baik hati dan tidak sombong (hahaha...*BekepSiRain), ane berbaik hati menterjemahkannya dalam bahasa Indonesia. Maafkan kalau bahasanya rada-rada awkard alias kaku coz you know lah, bahasa Inggris kalau diterjemahkan kadang jadi rada-rada aneh. Hehe... Ya sudah, langsung aja! Monggo~~~.

Konten wawancara diambil dari sini.

1. Pertama-tama, bisakah Anda ceritakan sedikit tentang diri Anda sendiri?
Raef: Yang pasti, nama saya Raef. Saya seorang penyanyi/penulis lagu, dan seorang guru SMA. Saya berasal dari Washington D.C dan saya sudah mengajar di sekolah umum Maryland selama hampir 7 tahun. Saya menyukai real-time-strategy computer games, menggambar, memancing, kayak, dan saya benar-benar suka membaca buku sejarah!


2. Bagaimana Awakening Records mendekati Anda? Atau Anda yang mendekati mereka?
Raef: Jalan (takdir) kami bertemu saat sedang tour di "Poetic Vision Tour" -sebuah band musisi jalanan, penyair, dan seniman visual. Kami berbagi visi yang sama tentang musik jadi rasanya hal yang tepat menjadi bagian dari "keluarga Awakening". :)


3. Bagaimana rasanya bekerja dengan mereka?
Raef: Itu adalah sebuah keberkahan. Kadang, saya tidak merasa seperti saya bekerja sama sekali - persis bagaimana saya berpikir seperti itulah sebaiknya. Hal yang luarbiasa untuk memiliki grup yang tulus, teman yang berpikir terbuka untuk mendukung dan mengkritik musik saya dengan pemikiran yang benar. Alhamdulillah, itu terasa luarbiasa!


4. Ketika kami melihat Awakening Records di Facebook dan artist-artistnya, kita bisa melihat ada sebuah rasa kesatuan diantara mereka. Contohnya, satu artist men-share video artist lainnya di halaman Facebook mereka dan sebagainya. Bagaimana setiap orang saling berhubungan?
Raef: Ya, karena kami tinggal di benua yang berbeda -kami tidak bisa melihat satu sama lain secara personal sesering yang kami inginkan. Tapi, terlepas dari jarak yang ada, kami merasa saling berhubungan karena kami bekerja untuk alasan mulia yang sama - dimana itu adalah sebuah keberkahan yang tidak ingin saya abaikan. Alhamdulillah.


5. Darimana Islam dan Keyakinan masuk dalam musik Anda?
Raef: Saya percaya pada Tuhan, Rasul-Nya, Kitab-Nya, dan hari Pertanggungjawaban (Akhirat). Islam sesuai/cocok dengan visi dan gaya hidup saya dan sesutau yang menyenangkan mengetahui milyaran orang di seluruh dunia beribadah kepada Allah dan masuk surga dengan rahmat-Nya. Setiap orang memiliki peran yang unik untuk dimainkan dan sesuatu yang spesial dalam hidup mereka. Musik menjadi sesuatu yang istimewa bagi saya dan untuk itulah lagu yang saya tulis dan saya nyanyikan dipengaruhi oleh keyakinan saya pada Allah dan jalan hidup saya.


6. Anda baru saja me-release "cover" Rebecca Black, tapi dengan sentuhan Islami. Dimana ide "covering" lagu itu datang?
Raef: Saya sebenarnya tidak pernah menulis lagu. Salah satu teman saya, Faisal dari Houston, Texas, menulis dan menyanyikan parodinya beberapa waktu lalu. Saya adalah fan berat lagu-lagu "cover" dan saya menyanyikan lagunya dengan gitar akustik... dan saya menikmatinya! Saya suka bagaimana lagu itu menggambarkan kebudayaan/kebiasaan seorang muslim yang dilakukan oleh berjuta-juta orang di seluruh dunia (Miswaking, Waking up for Fajr, other sunnahs). "It’s a wonderful, lighthearted way to turn a song know for its rather empty-lyrics to something simple, catchy, and that connects with millions world wide". (Maksudnya mungkin mengubah lagu yang dikenal banyak orang, yang awalnya tuh lirik terasa kosong diubah menjadi lirik yang sederhana, menarik, dan berhubungan dengan jutaan orang di dunia). Jadi, saya angkat topi untuk Faisal yang telah menulis parodi ini.


7. Seperti apa reaksi yang terjadi? Apakah yang Anda harapkan?
Raef: Reaksinya adalah... viral (virus??? kurang ngerti maksudnya gimana. Mungkin reaskinya beda-beda). Saya pikir adalah hal yang tak terduga atas respon yang luarbiasa positif dari para orangtua dengan anak-anak muda serta anak-anak itu sendiri. Saya tidak pernah menyanyikan lagu anak-anak. Jadi itu adalah kejutan yang menyenangkan. Alhamdulillah.


8. Single terakhir Anda adalah Bob Marley cover dengan judul "Redemption Song", apa maksud di balik lagu itu?
Raef: Hmm... bagaimana saya harus memulainya? Ini adalah salah satu lagu favorit saya dan salah satu lagu pertama yang saya pelajari saat belajar memainkan gitar. Saya suka bagaimana sederhana dan tulusnya lagu tersebut. Salah satu kalimat favorit yang ditulis Bob Marley dalam lagu ini adalah "Emancipate yourselves from mental slavery (membebaskan diri dari perbudakan mental)." Seringkali, kita membaca tentang perbudakan fisik dan betapa mengerikannya itu bagi para korban. Tapi kita lupa tentang perbudakan mental (gowzul fikri mungkin maksudnya), yang mana saya pikir lebih bersifat menghancurkan. 


Kebebasan yang sesungguhnya dan emansipasi yang nyata hanya bisa datang jika kita membebaskan pikiran kita dari perbudakan, dan menurut saya hal itu hanya bisa terjadi saat kita menyerahkan diri pada Allah, tanpa perantara. Yang mana itu adalah definisi dari Islam, bukan? Karena sekali Anda menyerahkan diri pada Allah, ketakukanmu akan hal lain (syaitan, penindasan, kemiskinan, dan kematian) akan hilang.


Saya juga suka kalimat "My hand was made strong, by the hand of the Almighty (Tangan saya dibuat kuat oleh tangan Yang Maha Kuasa)" - dimana itu adalah sebuah pengakuan langsung akan kekuatan dan kekuasaan Tuhan. Atau dalam kalimat yang sering kita ucapkan "Laa haula wa laa quwwata illaa billaah (Tiada daya dan upaya melainkan atas izin Allah)".


Jadi ya, kita bisa dan boleh mendengarkan lagu-lagu populer, radio, atau bahkan lagu-lagu klasik yang tidak secara ekplisit Islami namun sejalan dengan ajaran para Nabi.


9. Kita bisa melihat dari Facebook, Anda akan segera membuat album dengan lagu yang original. Akankan lagu-lagunya bernuansa Islami?
Raef: Ya, InsyaAllah. Kami (Awakening Records) sudah bekerja keras di album perdana saya sejak Juli kemarin dan saya meminta kepada Allah untuk memberikan keberkahan dalam pekerjaan kami. InsyaAllah, lagu-lagunya menyenangkan, penuh harapan, penuh semangat, dan menginspirasi. Dan yeah, bukankah hal itu yang membuatnya menjadi Islami?


10. Selain Album yang akan datang, apa yang penggemar bisa harapkan dari Anda di masa depan? Sudahkah Anda memiliki rencana?
Raef: Saya tidak memiliki banyak rencana. Saya hanya melakukan apa yang ada di hadapan saya. Tapi saya suka tampil secara langsung (live performances) dan meng-cover lagu-lagu. Jadi, sementara menunggu album rampung, kami berencanya me-release lebih banyak lagi lagu-lagu cover dan berharap mendapatkan kesempatan tampil. IsnyaAllah.


11. Terakhir, bisakah Anda mengatakan sesuatu untuk semua orang yang telah mendukung Anda?
Raef: Tentu! Saya ingin minta doa yang tulus mereka karena kerja keras ini tidak akan berhasil tanpa keberkahan dari Allah. Saya juga ingin berterima kasih kepada mereka yang mendengarkan lagu saya sekarag dan nanti. Saya merasa diberkahi dan beruntung bisa memiliki penonton. Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah. :)


Kesimpulannya, Raef ini ternyata baru akan mengeluarkan album perdana. Mudah-mudahan semuanya lancar deh Mister! Hoho... ditunggu album perdananya, ok!

Baiklah, sekian dulu postingan NSK kali ini. Bagi yang ingin menambahkan sesuatu tentang Raef, dipersilakan. Rain pamit ya, wassalamu'alaikum. ^_^





19 komentar:

  1. omaigat saya terpesonaaaa. terpesona banget hahahahaha
    saya Friday itu lagu favorit saya, dan dia ngedit liriknya jadi islami banget, hebat aaaaah aku terpesona banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe,,, idem, ane juga tersepona alias terpesona. Hoho... Kalau ane, paling suka yang "Man In The Mirror". Btw, kalau albumnya dah rampung, Inggit jangan lupa beli DVDnya yah... Haha... *siguemalahpromosi ^_^

      Keren, suaranya bagus, cakep pula. Mr.Raef dah nikah blm ya kira2? *jiaahhh ^_^

      Hapus
  2. wah suara dan lagunya enak. ear catching :)
    ternyata di bawah naungan Awakening Records juga ya.
    entar cari ah lagu2nya.. hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoho... Monggo dicari dan segera dinikmati. ^_^
      Thankz ya dah komen, Irma. :-)

      Hapus
  3. komentar pertama subhanallah
    keren
    wonderful
    omoooo . . .
    jadi tambah penasaran aj
    gogling ah . . . trims ya rain infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoyo... sami2, Kelana. ^_^
      InsyaAllah, gak akan nyesel dengerin lagunya. Hoho... :-)

      Hapus
  4. ehehe...sama!
    sy juga suka Raef dan permainan gitarnya
    kereeeennn :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoho... Yup, emang keren banget.
      Makasih ya CLk7 dah mau komen. :-)

      Hapus
  5. huaaa kereeen XD nyanyi lagu islami pake bahasa inggriiiss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang, keren banget nih orang. Hoho... ^_^

      Hapus
  6. wa'alaikum salam mbak dika ^^
    wow, furu sma??? guru apa? seni musik? hehe dateng ke sini dong mister *niru panggilannya mbak dika :)
    thanks for sharing this mbak dika
    sweet from you >_<
    dan dira baru tau wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Dira... kemana aja neng? ^_^
      Sama-sama sayang, makasih juga dah komen :-)

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. eniwei..nih lagu I'm Yoursnya Jason Mraz versi Raef
    enjoy ;)

    http://www.youtube.com/watch?v=y-Ka9kra8jY&feature=share

    BalasHapus
  9. @Asep n' CLk7: Thanks ya saudaraku. :-)

    BalasHapus
  10. https://www.youtube.com/watch?v=xCkIz1D6p-8&feature=youtube_gdata_player

    Newest single: Your Mercy (Maroon 5 Cover).

    Salaam :D

    BalasHapus
  11. Albumnya "The Path" Udah keluar noh

    BalasHapus
  12. Thank post nya min. izin repost diblog ane http://hayvroh.blogspot.com/
    source tertera kok ^^

    BalasHapus

Don't be shy, write your mind! ^_^