Jumat, 06 Mei 2011

Tangerangku Sayang, Tangerangku Malang

Selamat Datang Di Kota Tangerang :)

Tangerang, apa yang kau ingat darinya? Pabrik? Mungkin ya. Sebagai daerah "pinggiran" Jakarta yang menjadi motor pembangunan nasional, Tangerang menjadi salah satu kota tujuan si para pencari "keberuntungan". Tengok depan gang rumah, pabrik. Tengok sepanjang perjalanan ke sekolah, pabrik. Tengok di kiri dan kanan, pabrik. Dari mulai pabrik tempe rumahan sampai pabrik onderdil motor yang super canggih, semua ada di sini.

Tangerang, apa yang kau ingat darinya? Penjara? Mungkin ya. Penjara Umum, penjara wanita, sampai penjara anak-anak, semua ada di sini. Entahlah, aku yakin di kota yang lain juga ada penjara. Namun, sepertinya penjara di kota Tangerang termasuk yang paling terkenal. Terutama penjara wanita dan penjara anak-anaknya. Tentu saja bukan berarti Kota Tangerang menjadi pusat kriminalitas, namun begitulah adanya.

Meski begitu, bagiku Kota Tangerang tetap menyuguhkan kenangan manis. Saat halaman rumah masih menghasilkan tetumbuhan sehat. Saat sawah masih membentang di kiri dan kanan. Saat anak-anak masih riang bermain di sungai irigasi sawah. Saat pemuda-pemuda kampung masih leluasa lomba 'mengadu' layang-layang di lapangan luas. Saat semuanya terjadi 10 tahun yang lalu.

10 tahun yang lalu juga seperti sekarang. Dahulu, pabrik jumlahnya banyak meski tak sebanyak sekarang. Penjara pun dahulu sudah ada seperti sekarang. Namun bedanya, sawah-sawah kini sudah berganti menjadi petak-petak rumah "minimalis" secara harfiah. It's mean, rumah super duper sempit. Namanya pun lebih keren. Griya alias Perumahan. Walau sejatinya, tidak jauh beda dengan kontrakan. Sama sempitnya. Lahan kosong pun telah menjadi pabrik-pabrik baru, minimarket, atau bahkan apartemen alias rusun belasan lantai.

Itulah kotaku, Si Kota Industri. Tangerangku sayang, Tangerangku malang. Bagaimana nasibmu di masa depan?

1 komentar:

Don't be shy, write your mind! ^_^